Tuesday 21 May 2013

Menariknya Workshop Visualisasi Kreatif Foto Jurnalistik


 Minggu, 19 Mei 2013

Dari kiri ke kanan : Yuyung Abdi (foto jurnalis senior Jawa Pos) ; Kristupa Saragih  (pendiri Fotografer.net)


Yogyakarta : Telah sukses terselenggaranya Workshop “Visualisasi Kreatif Foto Jurnalistik” pada tanggal 19 Mei 2013 bertempat di Hotel Santika Premiere Yogyakarta bersama Yuyung Andi (foto jurnalis senior Jawa Pos) yang diadakan oleh Fotgrafer.net. Dalam workshop ini Yogyakarta dinobatkan menjadi Ibukota Fotografi se – Indonesia dikarenakan banyaknya aktifitas fotografi di tempat ini.

                     Mengusung tema tentang jurnalistik workshop yang diadakan oleh Fotografer.net ini lebih menarik dari pada yang lain, karena untuk menghasilkan foto jurnalistik yang menarik harus disertakan unsur kreatif agar lebih menarik dari segi foto dan informasinya. Dalam workshop ini Yuyung Abdi beranggapan bahwa foto jurnalistik alangkah lebih baiknya memiliki unsur pictorial/seni dengan komposisi, warna, cahaya maupun elemen lain yang dikemas menjadi satu dengan kekreatifan individu yang beragam. Oleh karena itu foto jurnalistik nantinya yang dihasilkan akan lebih menarik dan enak dipandang dibanding dengan foto jurnalistik biasa. Selain itu untuk mengambil foto jurnalistik juga butuh perhitungan keselamatan, keberanian maupun pendekatan dengan objek. Jika semua elemen – elemen tersebut mampu kita kuasai maka pasti kita akan mampu menghasilkan foto jurnalistik yang menarik mengandung informasi dan beberapa elemen yang enak dipandang.
                     Bukan hanya teori saja, workshop kali ini juga terdapat sesi praktek alias mempraktekkan teori yang sudah disampaikan. Untuk memudahkan pengawasan maka panitia membagi peserta ke dalam dua kelompok berdasarkan warna pita. Pita biru diarahkan sesi pemotretan di sekeliling Tugu Yogyakarta sedangkan peserta yang memakai pita kuning di daerah pinggiran Kali Code. Setelah sesi pemotretan selesei maka setiap peserta berhak mengumpulkan hasil fotonya yang akan dinilai oleh Bang Yuyung Abdi selaku pembicara dalam workshop itu. Sepanjang acara berjalan peserta sangat antusias mengikuti jalannya acara ke depan diharapkan sering diadakan workshop fotografi guna memajukan perkembangan fotografi di Indonesia. Salam jepret bagi pembaca!
Sesi hunting peserta
Sekitar lokasi hunting peserta




                     

No comments:

Post a Comment